Jumat, 20 November 2015

Pengalaman Mengikuti LK1 HMI Gunadarma 2015

Diposting oleh Unknown di 00.07
Assalamualaikum Wr. Wb,

Semoga pembaca setia blog saya selalu mendapat kerahmatan dari Allah SWT. Hehehe kok jadi sok bijak gini, ya? Karena kemarin baru saja aku mengikuti Latihan Kader 1 yang diselenggarakan oleh Komisariat Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma pada tanggal 13-15 November 2015 di Villa Pemuda, Sawangan, Depok. Banyak sekali ilmu keislaman yang aku dapatkan, malah aku sempat berfikir, selama ini aku kemana saja? Kenapa ilmu agama yang aku miliki masih jauh dari target.

Sebelumnya, apa sih HMI itu? Bagi yang belum tahu, HMI adalah Himpunan Mahasiswa Islam yang merupakan organisasi terbesar dan tertua di Indonesia. HMI sendiri berdiri sejak 5 Februari 1947, yang didirikan oleh Lafran Pane, mahasiswa asal Sumatera Utara yang sedang berkuliah di STI Yogyakarta (kini lebih dikenal dengan UII). Latar belakang berdirinya HMI karena pada saat itu kondisi Indonesia yang baru saja memproklamirkan kemerdekaannya, iman dan akidahnya masih jauh dari kata sempurna, seolah islam hanya sekedar status di KTP saja.

Oleh karena itu, Lafran Pane menggagaskan sebuah himpunan yang bertujuan "terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT." (pasal 4 konstitusi HMI). Jelas sekali, pada saat pendiriannya, Lafran Pane ditentang oleh berbagai pihak karena pada saat itu di Yogyakarta ada berbagai organisasi yang melenceng dari kaidah agama.

Oke, kembali lagi ke topik awal. Kami berangkat ke Villa Pemuda dan berkumpul di koridor Kampus E Gedung 1 pukul 2. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam, akhirnya kami sampai disana pukul 3. Istirahat, sholat ashar dan lain-lain acara pembukaan dimulai dengan pembukaan dari masing - masing ketua. Yaitu Ketua Cabang Depok, Ketua Komisariat FE,FTI&FIKOM. Selanjutnya, kami diberi berbagai peraturan yang cukup membuat kami "syok" yaitu jam tangan, handphone, dompet, alat kosmetik (bagi wanita) dan perhiasan. Kami benar - benar keluar dari zona nyaman. Katanya, kalau ingin jadi pemimpin harus melewati fase-fase seperti ini dahulu. Lalu, di hari terakhir kita harus membuat 9 resume dari 9 materi yang diberikan. Berarti, tiap materi kita harus benar - benar memerhatikan agar bisa membuat kesimpulannya. Dan kita harus memanggil panitia dan pemateri dengan sebutan Kakanda bagi pria dan Yunda bagi wanita. Kalau tidak, siap - siap saja diberikan hukuman sesuai dengan konsekuensi yang telah kami sepakati.

Materi pertama, yaitu Sejarah Berdirinya HMI dibawakan oleh Kakanda Andri Wijaya dari Komisariat FIKOM. Kanda Andri ini masih berstatus mahasiswa semester 5 Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Materi Kedua dibawakan oleh Kakanda Ficky Utomo (Master of Training) dengan tema Konstitusi HMI. Kami diberikan pasal - pasal yang harus dihafalkan dan akan diujikan pada saat hari terakhir nanti. Kira - kira pada malam itu, kami selesai materi pukul 24.00 dan langsung istirahat karena sangat lelah.

Keesokan harinya, kami kesiangan semua. Kami bangun matahari sudah mulai menampakkan cahayanya. Kami tidak tahu itu pukul berapa karena jam dan handphone kami disita langsung saja kami bergegas utuk menunaikan shalat subuh. Ternyata, yang laki - laki juga kesiangan sehingga kami tidak melakukan sholat subuh berjamaah.

Materi ketiga dibawakan oleh Kakanda Widodo yaitu Retorika. Retorika adalah seni berbicara atau mengeluarkan pendapat. Materi - materi terus diberikan hingga pada puncaknya, yaitu materi Nilai Dasar Perjuangan yang dibawakan Kakanda Daniel, sangat membuka hati dan pikiran kami. Bayangkan saja, materi itu dibawakan dari pukul 24.00 sampai subuh dan kami benar - benar tidak tidur sama sekali, tapi herannya kami tidak merasa mengantuk karena pematerinya sangat profesional dan sempurna sekali pembawaannya. NDP membahas antara filsafat dan agama. Mulai dari bagaimana bumi ini tercipta, sampai ada manusia hingga saat ini. Di materi itu, agama kita sengaja "digoyahkan" untuk membuktikan sejauh mana iman yang ada dalam diri kita saat ini. Pada awalnya, aku kira Kak Daniel ini ateis tapi ternyata dia murni Islam, tetapi Islam nya berdasarkan alasan yang logis kalau kita kan mengikuti orang tua saja dari lahir.

Akhirnya, hari terakhir pun tiba. Tidak sabar rasanya ingin cepat pulang dan menikmati indahnya tidur di kasur yang empuk hahaha. Lalu setelah sholat Ashar, ada pengujian materi dari panitia. Kita harus menyebutkan tujuan HMI yang berada di pasal 4 tanpa salah sedikitpun, menyanyikan hymne HMI dan review materi yang diujikan 3 hari ini. Mukaku pun kena coretan karena aku menyebutkannya terbata-bata. Bagi yang lelaki, disuruh push up. Sebenarnya, panitia hanya menguji mental kita saja bukan berarti mereka jahat. Malah temanku ada yang menangis karena dia tidak biasa dibentak.

Setelah sholat Isya, ada semacam kuis untuk syarat kelulusan nanti. Setelah kuis, penutupan serta kami dilantik oleh panitia menjadi kader. Ini fotonya:




Sebenarnya, kami berjumlah 17 orang tapi yang 2 orang pulang sebelum pelantikan dikarenakan urusan mendadak. Mulai dari kiri atas namanya Arini - Teknik Industri 2014, Apran - Teknik Industri 2014, Nadya - Psikologi 2014, Cita - Akuntansi 2014, Indah - Akuntansi  2014, Arysti (saya sendiri) - Akuntansi 2014, Ayunda- Teknik Industri 2014.
Kiri bawah:
Oji - Teknik Industri 2014, Sayful - Teknik Informatika 2014, Fikri - Akuntansi 2014, Aji - Teknik Informatika 2015, Andika - Psikologi 2014, Arfi - Akuntansi 2014, Jamal - Teknik Informatika 2014 dan Dede - Akuntansi 2014.

Baru 3 hari bersama namun kami sudah sangat akrab karena sepenanggungan. Banyak sekali ilmu diluar kampus yang kami dapatkan disini terutama materi NDP tadi sangat membuka hati dan pikiran kami. Semoga akidah dan iman kami semakin meningkat setelah ikut LK1 ini dan berguna bagi orang sekitar aamiin.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Everything About Arysti's © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor