Sabtu, 30 Mei 2015

Liburan Singkat

Diposting oleh Unknown di 06.18

Haiiii, kali ini gue mau menceritakan perjalanan pertama gue naik kereta sendirian ke luar kota😀

Kota yang gue kunjungi adalah salah satu kota di Jawa Barat yang berada di jalur pantura, berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah.

Yak, Cirebon!

Gue nginep sama sahabat tercinta gue, Nikita. Berhubung dia kuliah di Semarang, otomatis dia berangkat dari sana dong. Jadi gue dari Jakarta benar-benar sendiri. Well, ini merupakan pengalaman baru gue yang asik banget pokoknya lah! Dan juga kebetulan bangeeeet, disana ada sahabat gue selama ngekost di Bintaro, namanya Vika. Dia bakal jadi tour guide kita selama 3 hari di kota udang ini. Yeah!

Rabu, 13 Mei 2015
Kereta gue berangkat jam 07:45. Jadi gue berangkat dari rumah jam 05:40 dianter ke stasiun UI, nyampe sana kira-kira jam 05:55 karena jalanan masih lancar. Gue naik commuter line ke Pasar Senen tempat keberangkatan kereta Tegal Ekspress gue. Yaampun, commuter line isinya udah kaya sarden kalo pagi-pagi isi orang kantoran semua. Mana bawa tas berat banget pula😐 berdiri deh tuh sampai Manggarai karena transit tapi kereta ke Jatinegara lamanya ampuuuuuuun sampe gue LINE ke Nikita karena takut telat. Secara udah jam 7 keretanya belum datang juga, duh pasrah deh gue. Waktu gue hanya tersisa 45 menit lagi buat nyampe stasiun Pasar Senen. Alhamdulilah, commuter line ke Jatinegara datang jam 7:15.
Singkat waktu, gue nyampe stasiun Pasar Senen jam 7:30 dengan tergopoh-gopoh gue langsung menaiki kereta Tegal Ekspress gerbong ke 7 no 19A. Akhirnya gue duduk dan ganyampe 5 menit, kereta jalan.
Perjalanan memakan waktu 3 jam. Dan sekeliling gue pemandangan sawah semuanya, sangat monoton. Berhubung gue duduk dekat jendela, jadinya panas banget sampai mandi keringat, AC juga nggak berasa dinginnya.
Jam 11:30 nyampe lah di stasiun Cirebon Prujakan. I was so excited karena ini pertama kalinya gue travelling sendirian ke kota orang yang belum pernah gue ketahui sebelumnya. Gue langsung BBM Vika, ngabarin kalo udah sampe tapi ternyata dia lagi ada kuliah sampe jam 3 jadi nggak bisa jemput dan nganter gue ke hotel.
Bener ya, nyampe sana Cirebon panas banget. Panasnya tuh beda sama Jakarta, kalo disini lebih menyengat.
Gue naik angkot D6 buat ke hotel. Kata Nikita, hotelnya deket Grage Mall akhirnya gue minta turunin abangnya disana. Eh, pas turun nyari-nyari kok gaada Srikandi Hotel di sekitar sini? Gue telepon resepsionisnya, kata dia masih beberapa meter lagi dari Grage Mall. Yaudah, gue lanjutin naik angkot yang tadi. Ketemu deh, letaknya di pinggir jalan raya. Langsung check in, hmmm kamarnya lumayan lah ada AC,TV dan kamar mandi dalam. Yaa 7.5/10 lah.
Berhubung gue orangnya penakut, apalagi di tempat yang baru gue singgahin, gue nyalain TV sekencang2nya untuk menghilangkan rasa parno.
Jam 3, Vika dateng ke hotel bawa makanan yeaaay. Kangen-kangenan dulu sama dia soalnya udah hampir setahun ga ketemuan huhu. Oiya, kereta Nikita dateng dari Semarang jam 17:20 jadi sambil nunggu, gue jalan-jalan sama Vika naik motor dan main ke kost-annya. Disana gue dikenalin sama temen satu kosannya namanya Poppy. Poppy inilah yang akan nebengin Nikita selama kita disini. Jadi, gue boncengan sama Vika, Nikita sama Poppy. Duuuh baik banget sih mereka😂
Jam 17:00 kita jemput Nikita ke Prujakan. 20 menit kemudian, keretanya sampai. Yeayyy akhirnya kita balik ke hotel buat sholat maghrib abis itu lanjut ke Grage Mall. Ternyata disana ada Festival lampu. Naluri narsis pun muncul akhirnya foto-foto deh kita disana.
Udah capek foto, kita laper😅 pengen nyobain makan Empal Gentong. depan Grage ada yang jual Empal Gentong enak, bener ternyata enak bangeeeeeeettttt. Sampe mau nambah jadinya😂
Jam 21.30 kita pulang ke hotel, Vika dan Poppy ke kosannya. Perjalanan masih lanjut buat esok hari.

Kamis, 14 Mei 2015
Rencananya hari ini kita mau ke Keraton Cirebon, Taman Ade Irma dan Gua Sunyaragi. Tapi, Vika sama Poppy gaikut karena ada urusan akhirnya gue sama Nikita pergi berdua aja naik becak. Murah loh ternyata, dari hotel ke keraton yang jaraknya lumayan jauh hanya Rp 20.000. Kasian abang becaknya udah tua😭 tapi lebih kasian lagi kalo ga kita naikin kan itung-itung buat nambah penghasilan dia juga hehehe.
Sampailah di Keraton, ticket masuknya lumayan mahal Rp 20.000😭 nggak lupa kita foto-foto di berbagai sudut. Dalam keraton luas juga ternyata, bikin laper. Akhirnya kita memutuskan buat makan. Kali ini mau nge "hedon" dengan makan di Pizza Hut di Cirebon SuperBlock, hahaha.
Jam 2, kita balik ke hotel buat istirahat. Kayanya ga keburu kalau ke Taman Ade Irma karena letaknya jauh dekat pantai. Yaudah, kita jam 4 ke Gua Sunyaragi kali ini dijemput Vika sama Poppy karena urus
an mereka udah selesai.
Pas nyampe, WOW amazing banget gua sunyaragi ini layaknya Candi dalam versi bebatuan. Konon, dulu Gua ini tempat bermeditasi Raja dan keluarganya karena Sunyaragi ini berasal dari kata ketenangan.
Sepulangnya, kita berniat nyicip kuliner khas Cirebon lagi yaitu Serabi Cibulan. Rasanya bervariasi ada rasa telur, sosis, mesis bahkan es krim. Lezat banget ternyataaaa, murah pula.
Jam 21.00 kita pulang dan masih laper ternyata, yaudah gue beli empal gentong dan Nikita nyobain nasi Jamblang Mang Dul yang terkenal di Cirebon. Tapi, makanannya dibungkus dan kita makan di hotel.

Jumat, 15 Mei 2015
Gak terasa, hari terakhir liburan disini. Berasa singkat banget dan belum puas. Jujur gue udah nyaman banget sama kotanya. Nikita pulang jam 10 pagi sedangkan kereta gue jam 16.30. Pagi-pagi, gue sama Vika nganter Nikita ke Prujakan dengan satu motor bertiga karena Poppy berhalangan. Setelah anter Nikita, gue beli titipan nyokap yang kepengen sirup Tjampolay rasa Pisang Susu.
Sayangnya, hari ini Vika gak bisa nemenin gue sampe pulang karena ada kuliah jadilah gue lumutan di hotel nunggu sampe jam 4.
Jam 4 gue berangkat, lagi-lagi sampe stasiun mepet banget waktunya untung ga ditinggalin. Sempet sedih sih pas kereta ninggalin Cirebon, semoga bisa kesana lagi deh yaa nyicipin empal gentong lagi hehehe.